Ngegame Pakai PhysX atau Tanpa PhysX?

Belakangan istilah PhysX kerap terdengar di kalangan gamer. Sebenarnya apa sih PhysX itu? Simak ulasan singkatnya di detikINET.

Secara garis besar PhysX merupakan kalkulasi yang diterapkan dalam game untuk mensimulasikan benda-benda fisik sehingga berlaku layaknya di dunia nyata. Secara teknologi PhysX mengacu pada teknologi di kartu grafis dan juga pada piranti lunak yang digunakan untuk mengembangkan game.

Teknologi PhysX dikembangkan oleh Ageia yang kini telah dibeli oleh Nvidia. Akibatnya dukungan pada PhysX praktis ‘terikat’ pada kartu grafis dengan prosesor grafis Nvidia.

Keunggulan PhysX

Dengan menggunakan PhysX, kinerja pada prosesor pun tidak terbebani. Pasalnya, perhitungan simulasi fisik dilakukan prosesor grafis, bukan prosesor utama. Nah, akibatnya pemain akan mendapatkan lebih banyak framerate (dalam satuan frame per second / FPS) ketika menjalankan game.

Efek PhysX dapat dirasakan dengan jelas ketika pemain menjumpai sebuah ledakan dalam game. Efek kehancuran yang ditimbulkan oleh ledakan itu menjadi lebih detail. Contohnya, dalam game Gears of War ketika pemain melemparkan granat maka ledakan yang ditimbulakan tampak lebih alami, serpihan yang mencuat pun lebih nyata.

Beberapa Game yang mendukung PhysX

Nvidia telah memasukan PhysX-nya ke beberapa game besar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Age of Empire III
  • Gears of War
  • Seri Tom Clancy’s Ghost Recon Advanced Warfighter
  • Farcry 2
  • Unreal Tournament 3 (dan kabarnya, semua game yang menggunakan engine Unreal 3 secara otomatis sudah menggunakan PhysX)
  • Cryostasis (belum rilis)

Tanpa PhysX Juga Bisa

Pengguna kartu grafis dari ATI tidak perlu kecewa, pasalnya tidak semua game bagus menggunakan PhysX dari Nvidia. GRID, Left 4 Dead dan GTA IV adalah beberapa di antara game besar yang tidak memanfaatkan PhysX.

Selain itu, dengan atau tanpa Physx dari Nvidia, game tetap bisa dimainkan dengan nyaman dan menyenangkan. Hanya saja untuk game yang berbasis PhysX ada kemungkinan beban kerja prosesor akan bertambah jika kartu grafisnya tidak mendukung PhysX.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: