Ratusan ‘Capres Gila’ Gemar Main Dadu Online

Menjelang musim pemilihan umum 2009, banyak capres bermunculan. Tak diduga, ratusan ‘Capres Gila’ ternyata gemar bermain dadu online.

Ya, itulah yang dilakukan para Capres dalam game Demokrezy.com. Game online ini memang menyebut para pemainnya sebagai calon presiden (Capres) karena kemenangan utama dalam game ini dicapai ketika seseorang sukses menjabat Presiden dalam Republik Demokrezy.

Game online Demokrezy.com memang parodi satir dari proses demokrasi di tanah air. Dalam game yang bisa dimainkan gratis itu, pemain berlomba-lomba meraih poin demi merebut kekuasaan di wilayah-wilayah Republik Demokrezy yang notabene serupa tapi tak sama dengan wilayah di tanah air.

Demokrezy.com dikembangkan oleh Oxygame dan Lokilaki, dua perusahaan pengembangan game yang lahir dari Bandung. M. Andy Zaky, CEO PT Oxygame International, sempat kongkow bersama komunitas detikINET Forum, Sabtu 24 Januari 2009 di Kantor detikcom, Warung Buncit, Jakarta.

Zaky menuturkan, game yang masih dalam versi Beta (uji coba) itu menjadi produk pertama Oxygame yang hadir di pasaran. Waktu pengembangannya pun diakui Zaky cukup singkat, hanya beberapa bulan saja.

“Banyak developer game di Indonesia yang terlalu lama mengeluarkan produknya. Padahal cepat ke pasaran itu perlu agar bisa segera mendapatkan masukan dari komunitas,” tutur Zaky.

Dari Desa ke Kota

Dalam Demokrezy.com setiap pemain punya kesempatan menjadi pimpinan wilayah tertentu. Awalnya, pemain hanya bisa berlaga di tingkat Desa. Perlahan-lahan ia bisa menanjak ke tingkat Kabupaten, Propinsi dan tentunya Nasional alias menjadi Presiden.

Untuk menjadi Presiden, papar Zaky, seseorang harus memiliki koalisi yang kuat. Bahkan salah satu syarat bertarung di arena nasional adalah menjadi anggota koalisi dengan minimal 20 anggota.

Permainan di Demokrezy.com merupakan gabungan dari ular tangga (bergerak dengan melempar dadu), kuis (menjawab pertanyaan), mini game serta keberuntungan (melalui Action Card ala kartu ‘Kesempatan’ di Monopoli). Selain itu terdapat trik menjatuhkan lawan melalui kartu khusus seperti ‘Black Campaign’.

Zaky menuturkan game ini ditargetkan bisa meraih 25.000 capres (pemain) hingga akhir 2009, pemain yang tercatat pada Januari 2009 telah mencapai 1800-an orang. Zaky pun berjanji game ini akan selalu tersedia secara gratis untuk dimainkan.

Kelebihan
+ Gameplay khas Indonesia
+ Gratis dan bisa dimainkan siapa saja (browser based)
+ Penuh nuansa humor

Kekurangan
– Masih cukup banyak bug (karena Beta Version)
– Permainan cenderung monoton
– Potensi didominasi oleh beberapa koalisi saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: